Sistem Informasi Pembangunan Latihan 1
Nama : Prasanti Tika Pertiwi

NIM : 21/474514/SV/18949

Pembangunan Ekonomi Kewilayahan

Karakter Kepribadian Menurut Myers - Briggs Type Indicator (MBTI) :

Kepribadian saya menurut Myers - Briggs Type Indicator (MBTI) adalah Konsul atau ESFJ - T, dengan persentase pikiran ekstrovert 58%, energi realistik dengan persentase 53%, sifat yang emosional dengan persentase 51%, taktik perencanaan sebesar 63%, dan identitas yang waspada sebesar 56%.

Pertanyaan :

Mengapa pemerintah/pemerintah daerah memerlukan sistem informasi dalam proses pembangunan? Anda bisa menjelaskan dengan memberikan ilustrasi satu contoh sistem informasi nyata yang digunakan oleh suatu institusi.

Jawaban :

Mengapa sistem informasi penting dalam penyelenggaraan pembangunan?

Sistem informasi penting dalam sebuah pembangunan karena dalam suatu sistem informasi terdapat beberapa aspek yang saling berkaitan satu sama lain dan menjadi sebuah suatu sistem informasi tunggal. Sehingga, informasi ini dapat dijadikan sebagai sebuah pegangan untuk mengendalikan sebuah pembangunan dan pengembangan pembangunan.

Bagaimana sistem informasi tersebut dapat terimplementasi pada suatu institusi?

Contoh implementasi sistem informasi suatu lembaga pemerintah, seperti Info BMKG. Info BMKG ini, merupakan sebuah aplikasi yang dimiliki oleh BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) yang menyediakan layanan pengelolaan penambahan, penghapusan, atau perubahan konten aplikasi mobile yang dimiliki BMKG. Kelebihan dari sistem aplikasi Info BMKG ini adalah semua orang dapat melihat semua informasi mengenai prakiraan cuaca, iklim, kualitas udara, dan gempa bumi yang terjadi di berbagai wilayah di Indonesia. Layanan ini dapat dinikmati masyarakat dengan mudah karena aplikasi Info BMKG dapat di unduh di smartphone masyarakat, baik di Android maupun IOS.